RI Ingin ASEAN Punya Cadangan Beras Bersama

JAKARTA, JCDnews - Rencana pembentukan cadangan beras ASEAN atau ASEAN Emergency Rice Reserve akan dimatangkan dalam pertemuan ASEAN tahun ini. Pembentukan cadangan beras ASEAN menjadi penting di saat dunia menghadapi cuaca ekstrem yang mengancam produksi pangan.


Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustami mengatakan masalah cadangan beras ASEAN diangkat karena untuk kepentingan kondisi darurat seperti bencana alam di negara anggota ASEAN. Meskipun dalam pembahasannya selalu tak ada perkembangan termasuk pada pertemuan tahun lalu di Kamboja di tingkat menteri pertanian ASEAN.

Beberapa masalah yang belum disepakati antara lain soal stok atau cadangan, sumber pembiayaannya dan lain-lain, sehingga hal-hal semacam ini perlu ada pembahasan lebih dalam.

Rencananya pada rangkaian pertemuan ASEAN 2011 ini, di mana Indonesia menjadi pemimpinan ASEAN akan didalami kembali wacana cadangan beras ASEAN.

"Saya kira di 2011, di bawah kepemimpinan Indonesia, saya kira Indonesia dapat melanjutkan. Mudah-mudahan di bawah menteri pertanian ini bisa," kata Gusmardi di kantornya, Selasa (18/01).

Sementara itu Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar mengatakan di tengah dunia sedang dihadapi lonjakan harga pangan dan terganggunya produksi, wacana isu cadangan pangan ASEAN menjadi hal yang penting.

Apalagi forum-forum dunia lainnya seperti G20 juga membahas hal serupa mengenai pangan di 2011.

Apalagi kata Mahendra, posisi Indonesia yang kini menjadi pemimpin ASEAN bisa menjadi kesempatan Indonesia untuk mematangkan wacana ini. Citydirectory.co.id (Ren/Dtc)

0 komentar:

Visi & Misi

VISI
Terwujudnya kedaulatan, kemandirian, keadilan, dan kesejahteraan petani Aceh

MISI
Memfasilitasi, mengadvokasi, mencerdaskan dan menjembatani aspirasi petani Aceh untuk terwujudnya kedaulatan, kemandirian, keadilan dan kesejahteraan petani.