Menanam Jabon Menanam Emas

Bibit JabonAnda berjiwa pengusaha di bidang pertanian. Segera investasi dana Anda untuk TANAM POHON JABON, mudah perawatan, batang lurus mencapai 10 mtr lebih pada usia 5 tahun, pada usia tersebut besar lingkaran mencapai 30 cm bahkan lebih. Pada umur tersebut bisa langsung dijual dalam keadaan tegak atau menjadi kayu olahan. Kayu Jabon Investasi Aman dan Menjanjikan. Menanam POHON JABON ibarat menanam EMAS...!

Pohon Jabon cocok ditanam pada lahan kering, rawa, perladangan dan batas lahan.

Jabon (Anthocephalus cadamba) merupakan jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di daerah rawa maupun lahan kering dengan ketinggian 0-1000 m dpl (diatas permukaan laut)

Kayu jabon dapat digunakan untuk industri perkayuan, termasuk kayu lapis maupun kebutuhan rumah tangga, kayu jabon memiliki keunggulan dibandingkan tanaman kayu lainnya termasuk sengon/albasia. 

Hasil penelitian yang dilakukan, keunggulan tanaman jabon diantaranya:

- Masa produksi jabon yang sangat singkat hanya 5 tahun atau lebih dapat dipanen
- Berbatang bulat tegak lurus mencapai 10 meter lebih pada usia -/+ 5 tahun
- Tidak memerlukan pemangkasan, cabang akan rontok dengan sendirinya (self purning)
- Batang kayu bulat padat tidak seperti albasia/sengon yang bolong tengahnya

CARA PENANAMAN

Bibit yang ada di polybag dipindahkan pada lahan yang akan ditanam. jarak tanam bisa dengan ukuran 3mx4m, atau 4mx4m. Pemupupukan dapat dilakukan menggunakan pupuk kimia atau organik/pupuk kandang.

PEMASARAN

Kebutuhan kayu saat ini terus meningkat, tidak perlu ragu kalau kayu tidak laku. Kayu ini jugas dibutuhkan oleh industri kayu lapis (plywood), industri meubel, pulp, produsen peti buah, mainan anak-anak, korek api, alas sepatu, papan, tripleks. Hal inilah yang menyebabkan pemasaran kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan.

NILAI EKONOMI

Budidaya tanaman Jabon memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan. kalau menanam pohon jabon dengan jarak tanam 3 x 4 meter = 750 batang. jika kita perhitungkan dalam waktu 5 tahun atau lebih dijual perbatang dalam keadaan tegak Rp 400.000 berarti mendapatkan Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah) belum dihitung dengan pembelian bibit, biaya tanam, dan pemupukan. yang pasti sangat menggiurkan, dibandingkan menanam kelapa sawit atau karet. (LP2M ACEH)

0 komentar:

Visi & Misi

VISI
Terwujudnya kedaulatan, kemandirian, keadilan, dan kesejahteraan petani Aceh

MISI
Memfasilitasi, mengadvokasi, mencerdaskan dan menjembatani aspirasi petani Aceh untuk terwujudnya kedaulatan, kemandirian, keadilan dan kesejahteraan petani.